Ridwan Kamil Bakal Kembangkan Ekosistem Pesantren Jakarta
Cerdas MemilihNewsHot
Redaktur: Heru Sulistyono

Calon Gubernur Jakarta Nomor Urut 1, Ridwan Kamil alias RK. Foto M Julnis Firmansyah

Jakarta, tvrijakartanews - Calon Gubernur Jakarta Nomor Urut 1, Ridwan Kamil alias RK akan mengembangkan ekosistem pesantren Jakarta jika ia dan Suswono dipercaya memimpin Jakarta ke depan. Hal tersebut disampaikan calon gubernur nomor urut 1 saat menghadiri undangan perayaan Hari Santri yang digelar komunitas Nahdlatul Ulama (NU) Jakarta, Selasa (22/10/2024).

Para pengurus perguruan Islam Manhalun Nasyiin di kawasan Sawah Besar, Jakarta Pusat menyambut hangat kedatangan Kang Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil, dan menyampaikan beberapa aspirasi mereka.

"Tadi ada aspirasi terkait ekosistem pendukung bagi Madrasah Diniyah. Buah aspirasi yang tentu sesuai keumatannya," kata Kang Emil.

"Saya berpengalaman mengurusi pesantren, ada program ekonomi, ada program infrastruktur, ada program keumatan, ada macam-macam."

“Saya pribadi memang datang dari keluarga pesantren, sehingga mengurus pesantren merupakan kebanggaan bagi kami,” imbuhnya.

Seperti diketahui, kakek Ridwan Kamil mempercayakan sembilan pesantren di Jawa Barat kepada generasi penerusnya.

Saat menjabat sebagai pemimpin Jawa Barat, Ridwan Kamil telah menggulirkan program pengembangan pesantren, baik di aspek keumatan maupun aktivitas ekonomi para santri.

Jika ia dan Suswono terpilih memimpin Jakarta untuk lima tahun mendatang, hal serupa akan ia replikasi di pesantren-pesantren Jakarta.

"Insya Allah tidak akan jauh beda ya, karena kami sudah pernah melakukan dan sukses. Pesantren-pesantren di Jakarta juga akan kita dorong untuk menjadi institusi yang sangat produktif, sangat baik, dan relevan terhadap perkembangan Jakarta," tutupnya.